Beranda » Sejarah Berdirinya STT Russel Timika

Sejarah Berdirinya STT Russel Timika

SEJARAH BERDIRINYA STT RUSSELL TIMIKA

Membaca tantangan dan kebutuhan Gereja tersebut di atas maka telah didirikan Sekolah Tinggi Teologi dan Kepemimpinan Russell Timika, dengan singkatan STTR Timika.Sekolah ini didirikan di bawah naungan dan milik Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Wilayah   Pegunungan Tengah Papua yang didirikan pada tanggal 4 Oktober 2003

  • Ide untuk mendirikan Institusi ini pada awalnya diprakarsai oleh Pdt. Yan R. Kobogoyauw, M.Div bersama Pdt. Yehuda Bunai, MA; Ev. Henokh Bagau, M. Div; Pdt. Matius Kala’Lembang, S. Th; Ev. Petrus Degei, S. Th dan Pdt. Agus Santoso, S. Th.
  • Awalnya Sekolah tersebut diadakan dengan tujuan  untuk mempersiapkan para pelayan Umat di berbagai kategori pelayanan.
  • Perkuliahan semester pertama dengan tiga (3) jurusan: Kepemimpinan, PAK dan Misiologi dapat dimulai pada tahun 2003 tepat pada tanggal 3 Agustus di Gereja GKII Jemaat Hosana Bedeida Petrosea SP II Timika, dengan jumlah mahasiswa 13 orang dan 7 dosen.  Tiga (3) bulan kemudian, kegiatan perkuliahan pindah ke Ruko Jalan SP II milik Marthen, Bendahara GKI Timika.

Pada tahun 2004 bulan Januari, karena biaya sewah ruko tersebut merasa tidak mampu  maka kegiatan perkuliahan dipindahkan di tempat kediaman Musa Zanamba di Jalan Budi Utomo Timika Indah.Rumah ini ruangannya kecil dan tidak bisa menyampung kursi dan meja belajar, maka kegiatan perkuliahan berlangsung di halaman rumah, dengan memasang tenda untuk melindugi panas mata hari dan hujan selama 5 bulan (Januari –Mei 2004).

Allah turut bekerja dalam pelayanan ini sehingga Pada pertengahan tahun 2004, Pdt. Isakh Onawame (Ketua GKII Mimika saat itu)  telah menyerahkan tanah ukuran 100 x 60 meter, yang berlokasi di Wowor/belakang Kantor Polsek atau kampus sekarang. Pdt. Isakh juga membantu  dana Rp 20.000.000; maka dengan 20 juta itu STTR membangun Gedung sekolah semi permanenukuran  7 x 15 meter. Kemudian pada tahun 2005/2006 Kampus STTKR yang permanen dibangun di samping gedung semi permanen dengan ukuran 8 x 50 meter.

  • Membaca perkembangan Pendidikan Tinggi Teologi di Indonesia, bahkan anjuran dari Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, maka pada tahun 2011, nama Sekolah dirubah dan jumlah prodi dikurangi.  Nama Sekolah Tinggi Teologi dan Kepemimpinan Russel Deibler Timika dirubah menjadi Sekolah Tinggi Teologi Russell Timika dengan orientasi pada Prodi Teologi dan Prodi Pendidikan Agama Kristen.
  • Penyelenggaraan proses perkuliahan STT Russell telah mendapat dukungan, pengakuan, rekomendasi dan ijin penyelenggara oleh Gereja dan pemerintah Daerah Mimika
  1. Surat Keputusan Badan Pengurus GKII Wilayah Papua melalui Biro Pendidikan
    Wilayah dengan No : 01/SK/PT/BP-GKII/X/2003,tentang Persetujuan dan Pengakuan Pendirian STTK Russell Timika.
  2. Surat Izin Operasional dari GKII Pusat No:116/BPP-  GKII/V/2010, Tentang Pengakuan dan Izin Operasional Sekolah Tinggi Teologi  Russell Timika-Papua.
  3. Telah Terdaftar di Departemen Pendidikan Tinggi Teologi GKII di Indonesi, dengan  No:148/BPP-GKII/VI/2010.
  4. Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika No.  Kd.26.08 / 1 / PP.009 / 333 / 2011,TENTANG IJIN OPERASIONAL /  PENYELENGGARAAN STTK RUSSELL DEIBLER TIMIKA.
  5. Surat Keputusan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika Nomor:  Kd.26.08/1/PP.009/353/2011,TENTANG STATUS TERDAFTARSTTR  Timika di Kantor Kementerian Agama  di Kabupaten Mimika